Thursday 5 January 2012

2011 Is.. Buku Setengah Segala Macam Mata Pelajaran Kehidupan

 Assalamualaikum..

 Wah, temen-temen Honey-Blogger, saya lagi galau nih :O

Galau kenapa?

Ternyata satu tahun itu singkat ya?
Nggak terasa tahun 2011 udah lewat aja, dan 2012 datang menggantikannya.
Nah, sebelum ngelanjutin saya mau ngucapin:
Temen-temen tau nggak kenapa saya tiba-tiba nge-post kayak gini? Pasti nggak tau kan? :O

Yaudah saya mau cerita dari awal.

Jadi, ada sesuatu yang nggak biasa yang saya rasain waktu malem pergantian tahun itu. Jadi kalau tahun-tahun yang udah lewat, biasanya saya itu seneng-seneng aja, bergembira niup terompet, nyanyi-nyanyi, bakar-bakar, main, tanpa mikirin tahun yang udah lewat dan belajar darinya. Nggak susah-susah bikin resolusi, karena saya pikir, toh pasti nggak akan kesampean juga. Saya juga nggak mau repot-repot merindukan kenangan lama dan memprediksikan apa yang akan menanti di depan supaya saya siap ngadepinnya. Intinya, di tahun-tahun yang lalau, saya itu (menurut saya) orang berpikiran dangkal yang maunya cuma senang-senang dan nggak pikir panjang sebelum melakukan sesuatu.

Tapi tahun 2011 kemaren lain. Entah kenapa tahun itu berkesan banget buat saya. Ada banyak alasan tentang "Kenapa 2011 itu spesial?" yang saya sudah pikirkan dan perdebatkan dengan diri saya sendiri. Dan beberapa diantaranya adalah...
  1. Tahun 2011 itu tahun dimana pertama kalinya ada kata 'teen' dibelakang umur saya. Yang artinya, itu adalah tahun pertama saya bener-bener jadi remaja, bukan pra-remaja lagi. Rasanya udah naik setingkat lebih gede aja, udah bukan 'kids' lagi. Oh, iya. Saya lahir tahun 1998, jadi tahun 2011 tuh tahun dimana saya ultah ke-13.
  2. Tahun 2011 itu tahun dimana segala yang dialami remaja beneran terjadi kepada saya untuk PERTAMA KALINYA, kecuali pacaran. Ugh demi apa rasanya nggak pengen pacaran. Nah, hal-hal yang dialami remaja beneran itu contohnya: Naksir cowok (baru pertama!), dengerin curhat temen/saudara cewek kita yang disakitin pacarnya (salah satu alasan kenapa saya menghindari yang namanya pacaran, selain nggak laku, hehe, bercanda :p), berbohong buat nutupin perasaan kita, senyum biar orang lain nggak tau kalo hati kita tuh lagi sakiiiiit banget, marah-marah sama orang yang kita anggep ngejahatin orang yang kita sayang, dikhianatin temen/sahabat sendiri, liat orang yang nyebut dirinya sahabat kita ngejauhin kita dan deket sama orang lain dan mulai ninggalin kita, nanggung malu karena salah sangka dan berujung pada kehilangan temen yang lumayan berarti buat kita, dan sebagainya. Banyak deh!
  3. Tahun 2011 itu tahun dimana saya bener-bener menyadari kalau nilai saya itu turun teratur. Dan itu ngebuat saya jadi sadar, dimana-mana, usaha itu yang paling penting untuk ngedapetin sesuatu yang kita inginkan, dan kalau kita berbuat sesuatu yang baik, maka kita akan dapet hal yang baik untuk diri kita sendiri. Dari situ, saya jadi janji sama diri saya sendiri supaya tahun depan, saat semester baru dimulai, saya nggak boleh jadi orang yang sama dalam soal prestasi akademik, dan saya nggak mau terus-terusan jadi Erika yang berperilaku jelek terus, saya nggak mau guru-guru bilang, 'Sayang ya, padahal pas kelas tujuh 20 besar paralel terus, sekarang jadi kayak gitu nilainya", saya nggak mau jadi orang yang dapet temen di awal tahun dan kehilangannya di akhir tahun. Dari situ, saya belajar buat berubah.
  4. Tahun 2011 itu tahun dimana sebuah khayalan gila tentang hidup saya di masa depan pertama kali muncul, dan itu membuat saya jadi semangat dan termotivasi buat tahun selanjutnya. Khayalan itu ngebuat saya jadi Erika yang 'sedikit' beda dan lebih ramah dan terbuka dari tahun sebelumnya. Mau bukti? Nih, tanggapan temen-temen saya, "Erika ternyata asyik ya orangnya", "Pertama liat kamu tak kirain kamu tuh atos loh, ternyata enggak" "Dulu tu aku sebel sama Erika. Soalnya suka telat dan keset, tapi sekarang engga". Semua itu karena, entah kenapa, saya ngerasa (atau saya ngayal) saya akan jadi orang yang make something out of life, make something that precious enough for people to remember it, dan entah kenapa juga, saya pikir saya bakal mati lebih cepet daripada teman-teman saya nantinya. Itu bikin saya berusaha tobat jadi orang yang lebih alim, walaupun ternyata susaaaaah banget.
  5. Tahun 2011 itu tahun dimana saya benar-benar menyadari bahwa nothing's last forever. Nggak ada yang abadi. Seperti juga umur kita. Seperti saya yang nggak bisa umur 13 selamanya meskipun kadang saya menginginkannya. Ya, bener-bener seperti umur kita. Sepanjang apapun umur kita nanti, kita pasti bakal mati, pergi selamanya. Pergi seperti anggota keluarga yang telah mendahului kita, pergi seperti ilmuwan tokoh-tokoh idola kita mungkin, pergi seperti binatang piaraan yang kita sayang dan sekarang sudah nggak ada. Kita nggak tahu kapan, kita nggak akan pernah tau sampai saatnya datang. Dan seperti kata Raditya Dika, "Badan ini dipinjamkan. Setiap tarikan napas, adalah satu tarikan napas lagi mendekati kematian. Kita harus ngebuat lebih banyak karya, lebih banyak menikmati hidup, lebih banyak mengambil kesempatan" dan itu semua pilihan kita, kembali pada kita. Apakah kita memilih meninggal dan dilupakan atau pergi dengan sesuatu yang akan selalu diingat. Saya pengennya, seenggaknya besok, atau kapanpun dalam hidup saya, saya bisa bener-bener jadi orang yang berguna. Orang yang saat meninggalnya masih punya suatu jasa yang baru dilupakan ketika yang mengingatnya pergi meninggalkan raganya. So, LET'S CREATE SOMETHING INCREDIBLE! It's our choice!
  6.  Tahun 2011 itu tahun dimana saya pertama kali menemukan motto "Belajarlah dari pengalaman dan kenangan." Yup, kenangan juga bisa dipakai buat belajar. Ingat nggak rasanya saat kita nangis sedih, ketawa bahagia, merengut kesel? Inget juga nggak kenapa kita pernah ngerasa kayak gitu? Itu adalah inti pembelajaran dari kenangan. Rasa dan memori akan rasa itu. Memang bedanya tipis banget sama pengalaman, tapi tetep aja beda. Kalau mau ngejelasin, kayaknya nggak ada kata-kata yang pas deh. Susah nyarinya, karena datengnya dari hati dan perasaan, bukan dari otak dan pikiran. Tapi satu yang saya tahu pasti, setiap kenangan, entah pernah saya pelajari atau tidak, saya nggak akan pernah pengen lupa. Saya pengen inget terus seumur hidup setiap kejadian yang pernah saya alami. Saya mencintai setiap kenangan dan bagaimana reaksi saya terhadapnya. Kekuatan kenangan itu bisa ngebuat orang yang udah nggak ada serasa tetep ada dan momen-momen bahagia yang pernah terjadi jadi terasa abadi selamanya. Pengalaman dan kenangan itu adalah Mata Pelajaran Kehidupan yang paling mahal harganya.  
  7. Tahun 2011 itu tahun dimana saya bener-bener pengen punya Diary. Bukan cuma gara-gara alasan-alasan bahwa kalo cerita ke Diary itu aman, tapi ada banyak alasan juga. Pertama, untuk nge-record masa-masa yang udah lewat, biar suatu saat nanti, waktu kita butuh untuk ngelihat ke belakang, kita punya sesuatu untuk membantu mengingatnya. Kedua, saat kita butuh permbelajaran kenangan, ada bukunya, hehe.  Ketiga, kalau sudah waktunya kenangan itu terhapus dari otak kita, seenggaknya kenangan itu tersimpan di halaman-halaman buku harian kita, yang suatu saat bisa kita baca sambil tertawa bersama kenangan, menangisinya, menyesalinya, dan belajar darinya. Keempat, kita bisa menyuruh anak-anak kita belajar dari kenangan dan pengalaman kita dan mengkajinya bersama. Wah, serasa kayak time traveler deh kalo punya diary itu. Makanya saya harus segera beli!
Nah itu dia alasan-alasan kenapa 2011 tuh berharga banget buat saya. Sebenernya masih banyak alasan yang nggak bisa diungkapin dengan kata-kata. And it felt so terrible when you can't split out what you really want to say. Tapi nggak papa. Pokoknya saya udah setengah lega membaginya disini. Makasih banget ya yang udah mau baca :)

Saya sayang banget sama 2011 lhoo. Aneh ya, sayang sama tahun. Tapi beneran deh, rasanya berat banget waktu tahun baru kemaren ini. Rasanya nggak pengen ninggalin tahun yang berharga banget itu. Bahkan, tau nggak? Waktu orang lain pada bilang "Happy New Year!" saya malah cuma senyum tipis aja. Rasanya kosong, sedih, dan pengen nangis. Rasanya nggak percaya 2011 itu udah lewat. Dan sekali lagi, ternyata satu tahun itu sebentar banget! Bayangin aja rasanya baru kemaren saya ultah ke-13 dan sekarang, 21 hari lagi saya bakal jadi anak umur 14!

Padahal kayaknya sih, satu tahun itu, satu putaran penuh jarum pendek jam ini
dikali 365, tapi ternyata itu singkat banget! Ibaratnya kita nunggu, pas apa yang kita tunggu dateng, kita langsung lupa gimana bosennya waktu kita nunggu itu! Waktu itu emang misteri paling misterius di dunia ini.

Hmm, udah dulu ya temen-temen. Happy New Year and stay Cool at School. Jangan lupa sama resolusi kalian dan semoga kalian bisa belajar dari apa yang saya tulis. Saya juga masih belajar kok. Kita belajar sama-sama, oke? Semoga Allah merodhoi ya, Amin :)



Selamat belajar Mata Pelajaran Kehidupan,
Mademoiselle Erika Witri Cahyani

No comments:

Post a Comment